AUTOGAYA

Informasi Tentang Berita Terbaru, Spesifikasi, Modifikasi, Tips trik, Kelebihan kekurangan, Harga Baru Bekas Mobil dan motor

Kelebihan Nissan X-Trail Hybird 2016 di Indonesia

Kelebihan Nissan X-Trail Hybird. Mobil keluaran Nissan terbaru ini termasuk Mobil SUV yang kini telah resmi hadir di Indonesia, oleh karena itu Nissan X-Trail Hybird tentu memiliki spesifikasi yang berbeda dengan Mobil yang telah hadir di Indonesia dahulu sebelum ini yaitu versi mesin konvensional X-Trail. Walaupun mesin yang digunakan serupa, yakni MR20DD yang sama dengan varian 2.0L, namun jika dilihat dari sisi teknologi dan performa tentu tidak bisa dipadankan, yang tentunya akan memberi gebrakan baru di pasaran otomotif Indonesia.

Kelebihan Nissan X-Trail Hybird 2016

X-Trail Hybird 2016 memiliki fitur baru yang lebih mengesankan, salah satu fitur terbarunya adalah sistem Intelligent Dual Clutch Control yang merupakan pertama digunakan di kelasnya. Teknologi yang dikembangkan oleh Nissan ini diklaim sangat efisien. Pasalnya teknologi tersebut hanya mengandalkan satu motor yang dapat menggerakkan roda dan mengisi daya listrik dalam waktu yang bersamaan.

Penggunaan double clutch atau dual cluth control ini ditempatkan pada mesin di posisi yang berbeda. Satu cluth diantara mesin bensin dengan motor listrik, satunya lagi di antara motor listrik dan CVT,” terang Mohammad Ikhsan Satriawinandi, Asisten Manager Product Planning Department Nissan Motor Indonesia (NMI), dikutip dari Kompas.

Cara kerja system Intelligent Dual Clutch Control pada X-Trail Hybird 2016 adalah ketika sedang berkendara atau dalam perjalanan dalam keadaan mengisi daya, maka posisi kopling akan menyambung dengan mesin bensin lalu berlanjut ke motor listrik hingga menuju CVT. Dengan sistem tersebut maka mesin X-Trail Hybird 2016 menggerakkan roda beserta motor listrik yan telah aktif oleh mesin.

Jadi system Intelligent Dual Clutch Control pada X-Trail Hybird 2016 menjadi alasan kenapa putaran tenaga dari mesin 2.0L lebih responsif dibandingkan dengan mesin milik X-Trail 2.500 cc. hal ini sangat menguntungkan pengemudi karena dapat membuat pengendara dapat memanfaatkan EV Mode dalam kecepatan tinggi dan melakukan pengisian ulang.

Keunggulan Nissan X-Trail Hybird 2016


Teknologi yang digunakan pihak Nissan X-trail berbeda dengan produk Toyota, pada mesin Hybird yang digunakan pihak Toyota menggunakan 2 motor listrik sekaligus untuk masing-masing system.

Sedangkan teknologi pada mesin Nissan X-trail sangat simple yaitu hanya menggunakan 1 motor saja.
“Nissan berupaya untuk memberikan teknologi yang terbaik, dengan satu motor listrik bisa digunakan untuk tiga fungsi sekaligus. Mulai dari starter, menggerakkan roda sampai pengisian daya dari generator. Pengaturan penggunaan pada kecepatan tinggi atau saat berjalan konstan pun hanya dengan satu motor, tidak seperti produk lain yang dipisahkan dengan dua motor,” ujar Nabusuke Toukura, Chief Vehicle Engineer of Nissan Motor Company (NMC).

Kelebihan Nissan X-Trail Hybird 2016 tidak hanya itu saja, ada yang lain yaitu terletak pada desain yang aerodinamis, yang dapat mengurangi tekanan angin.
“Untuk bisa mengurangi tekanan angin, bodi didesain khusus dengan lebih aerodinamis. Selain bagian bawah juga kami cover, karena kalau tidak di cover, udara akan menghalangi laju, begitu juga dengan bagian muffler kami cover, dan terakhir untuk bisa menekan bahan bakar. Kami memilih jenis ban yang rolling resistennya rendah,” paparnya.

Mesin Nissan X-Trail Hybird 2016


Pada bagian mesin X-Trail Hybird 2016 terbaru, dari pihak Nissan menggunakan mesin MR20DD 4-silinder segaris berkapasitas 1.997 cc. Mesin ini ditemani dengan Dual CVTCS (Contious Valve Timing Control System) dan motor listrik RM31. Berbekal mesin ini, X-Trail versi Hybrid dapat mengeluarkan tenaga sebesar 182 hp dengan torsi maksimum mencapai 367 Nm.
Kelebihan Nissan X-Trail Hybird 2016

Harga Nissan X-Trail Hybird 2016

Setelah bahasan tentang Spesifikasi Nissan X-Trail Hybird 2016 dan kelebihan dari X-trail terbaru, tentunya kurang pas kalau tidak mengetahui harganya. Berikut daftar harga dari Nissan X-Trail Hybird 2016 di Indonesia.

Nissan X-Trail Hybrid dibanderol dengan harga Rp 625 juta
Nissan versi mesin konvensional X-Trail 2.5 CVT di bandrol dengan harga Rp 445,6 juta.


Tag: Berita Otomotif meliputi Review, Spesifikasi, harga, kelebihan, kekurangan Mobil dan Motor

Back To Top