AUTOGAYA

Informasi Tentang Berita Terbaru, Spesifikasi, Modifikasi, Tips trik, Kelebihan kekurangan, Harga Baru Bekas Mobil dan motor

Kelebihan Kekurangan Daihatsu Espass / Neo Zebra

Kelebihan Kekurangan Daihatsu Espass / Neo Zebra - Kali ini autogaya memberikan info tentang Daihatsu Neo Zebra/ Espass. Yang dimana Mobil ini merupakan MPV mungil era tahun 2000-an di Indonesia. Mobil ini memiliki cari khas tersendiri yakni tidak memiliki bonnet di bagian depan dan pada mesinnya pun diletakkan di bawah kursi depan. Mobil ini mempunyai daya tarik sendiri di Tanah air, yang dimana Mobil Neo Zebra memiliki interior super jumbo dan mempunyai daya angkut yang besar.

Kelebihan Kekurangan Daihatsu Espass / Neo Zebra



Eksterior Daihatsu Espass / Neo Zebra

Mobil Daihatsu Espass diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia pada tahun 1994 dengan desain depan yang melengkung menjadi ciri khasnya. Dengan menggunakan lengkungan tersebut dapat melawan angin saat melaju, apalagi saat kecepatan tinggi sehingga lebih stabil. Pada bagian samping menggunakan pintu geser yang mempunyai kelebihan, seperti mudahnya akses bongkar muat serta keluar masuk penumpang belakang ditambah lagi dapat dengan bebas memilih tempat parkir karena pintu geser dapat dibuka walaupun dalam celah yang sempit.

Interior Daihatsu Espass / Neo Zebra


Daihatsu Espass memang sangat bagus terutama bagian interior, tidak ada kesan mobil tua di dalamnya. Pada bagian desain dashboardpun lebih baik daripada MPV yang harganya lebih mahal dengan tahun yang sama. Pada bagian penyimpanan pun tidak kalah banyaknya, sehingga Mobil ini patut untuk dimiliki serta memudahkan para pengguna untuk menyimpan barang bawaan yang kecil seperti kunci, kartu, koin dan lainnya. Daihatsu Espass keluaran 1997 telah diterapkan fitur unggulan seperti radio tape, velg racing dan penyejuk kabin, sedangkan tahun 1995 dan 1996 fitur diatas merupakan tambahan saja atau opsional.

Eksterior Daihatsu Espass / Neo Zebra

Performa dan Kinerja Mesin Daihatsu Espass / Neo Zebra

Daihatsu Espass awalnya menggunakan 2 jenis mesin yaitu 1.3 liter dan 1.6 liter, sistem pengapiannya pun masih menggunakan platina, yang mesin ini biasanya sering mogok apabila terendam banjir atau terkena cipratan air.

Untuk memperbaiki kekurangan Daihatsu Espass terhadap pasar Van, akhirnya pada tahun 2000 pihak Daihatsu memperkenalkan Neo Zebra, memiliki kapasitas yang sama hanya saja perbedaan terletak pada sistem pengapian. Tipe-tipe yang dikenalkan ini antara lain varian ZL (1.300 cc), ZX (1.600 cc) dan ZSX (1.500 cc). Varian ZL dan ZX masih menggunakan karburator namun sistem pengapian mengadopsi CDI, berbeda dengan pendahulunya yang masih menggunakan platina. Lalu varian terakhir yaitu ZSX memiliki perbedaan signifikan karena satu-satunya mesin yang berkapasitas 1,5 liter (1500cc) dan telah mengadopsi sistem EFI (Electronic Fuel Injection) atau lebih sering disebuat dengan injeksi. Tipe inilah yang menjadi primadona bagi pecinta Daihatsu Espass / Neo Zebra.

Performa dan Kinerja Mesin Daihatsu Espass / Neo Zebra



Review Mobil Daihatsu Espass / Neo Zebra
Spesifikasi Daihatsu Espass / Neo Zebra
Mesin : 1,3 liter karburator, 1,6 liter karburator dan 1,5 liter injeksi.
Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup SOHC.
Tenaga maksimum : 75 HP (1,3 liter karbu) ; 81 HP (1,6 liter karbu) ; 82,5 HP (1,5 liter injeksi).
Torsi puncak : 123 Nm @3.200 RPM (1,5 liter injeksi).
Konsumsi BBM : 7-9 km/L (dalam kota), 10-14 km/L (luar kota).
Transmisi manual 5 percepatan.
Suspensi : Depan MacPherson strut dan belakang Rigid axle dengan per daun.
Rival : Carry Futura, Mazda E2000, dan Mitsubishi Colt T120SS.
Kelebihan Daihatsu Espass / Neo Zebra
Ketersediaan suku cadang sangat banyak, baik itu original maupun KW.
Harga suku cadang murah.
Harga bekas terjangkau.
Kabin luas dan lapang.
Relatif irit.
Posisi duduk pengendara nyaman.
Layanan servis bisa dimana saja.
Kekurangan Daihatsu Espass / Neo Zebra
Slow moving part sering rusak.
Setir cukup berat dibandingkan para kompetitor.
Minim fitur keselamatan.
Suspensi terlalu keras untuk sekelas mobil keluarga. Karena mobil ini suspensinya sama dengan yang digunakan pada model pickup.
Pintu geser sering seret.
Terlalu mudah overheat. Baca Cara mengatasi mesin overheat.
Bunyi mesin terlalu keras.
Rawan mogok ketika banjir.
Harga jual kembali rendah.


Baca juga:



Harga Daihatsu Espass / Neo Zebra


Berikut harga bekas Daihatsu Espass / Neo Zebra 2016 / 2017 :

Daihatsu Espass / Neo Zebra Tipe 1.3 tahun 1995 - 1999 : 20 - 30 Juta.
Daihatsu Espass / Neo Zebra Tipe 1.3 ZL tahun 2000 - 2004 : 32 - 42 Juta.
Daihatsu Espass / Neo Zebra Tipe 1.3 ZT tahun 2001 - 2002 : 40 - 45 Juta.
Daihatsu Espass / Neo Zebra Tipe 1.3 ZX tahun 2000 - 2003 : 35 - 52 Juta.
Daihatsu Espass / Neo Zebra Tipe 1.6 ZSX tahun 2000 - 2006 : 40 - 55 Juta.
Daihatsu Espass / Neo Zebra Tipe 1.3 ZLX tahun 2000 - 2006 : 45 - 60 Juta.
Daihatsu Espass / Neo Zebra Tipe 1.6 STD tahun 2000 - 2003 : 30 - 45 Juta.
Daihatsu Espass / Neo Zebra Tipe Supervan 1.6 tahun 1997 - 2001 : 40 - 50 Juta.

Demikianlah sedikit info tentang Kelebihan Kekurangan Daihatsu Espass / Neo Zebra, semoga bermanfaat dan silahkan share apabila artikel ini bermanfaat serta Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website Saya.

Tag: Berita Otomotif meliputi Review, Spesifikasi, harga, kelebihan, kekurangan Mobil dan Motor

Back To Top