AUTOGAYA

Informasi Tentang Berita Terbaru, Spesifikasi, Modifikasi, Tips trik, Kelebihan kekurangan, Harga Baru Bekas Mobil dan motor

Cara Mengemudi Mobil Matic Yang Benar

Mobil matic atau dengan menggunakan transmisi otomatis saat ini memang sangat diminati. Alasannya bahwa mengendarai mobil matic tidak begitu ribet karena hanya butuh keahlian memainkan gas dan rem. Selain itu para pengendara juga bisa lebih sabar ketka menghadapi kemacetan. Walaupun katanya mudah, akan tetapi masih banyak pula yang belum paham dalam memacu mobil matic.

Cara Mengemudi Mobil Matic Yang Benar

Cara mengemudi Mobil Matic

Cara mengemudi mobil matic sebenarnya mudah bila dilakukan dengan benar dan harus paham betul tentang kinerja dari mobil matic tersebut. Oleh sebab itu pahami fungsi model pengoperasian yang ada pada mobil matic seperti P, R, N , D, D-3, D-2. Berikut fungsinya:

  •     P (parkir)
    Pada saat tuas transmisi berada pada posisi P, maka mesin mobil bisa hidup namun mobil tidak akan berjalan meski pedal gas ditekan. Hal ini dikarenakan tekanan oli di transmisi akan di alirkan kembali ke bak penampungan, sehingga penggerak transmisi belum bekerja. Bayangkan saja jika tidak ada moda parkir, ketika berada di tempat parkir yang dipenuhi kendaraan tanpa sengaja anda menginjak pedal gas tentunya akan sangat beresiko. Jadi ketika anda sedang berada diparkiran pastikan tuas transimi berada pada posisi P.
  •     R (reserve)
    Ketika anda menggeser tuas transmisi ke posisi R, maka memungkinkan kendaraan akan berjalan mundur.
  •     N (neutral)
    Sama seperti posisi P, saat tuas transmisi berada di posisi N mesin mobil tetap hidup namun kendaraan tidak berjalan. Posisi N dipilih saat sedang berhenti sejenak seperti saat lampu merah.
  •     D (drive)
    Ketika anda akan menjalankan mobil maka pilihlah pada posisi D. Tidak seperti pada transmisi manual, pada mobil matic ini perpindahan percepatan berlangsung secara otomatis. Jadi anda tinggal menekan pedal gas, maka perpindahan percepatan percepatan akan terjadi secara otomatis seiring kecepatan mobil. Saat anda ingin mendahului kendaraan lain, lakukanlah akselerasi maka saat itu TPS (sensor bukaan throttle) akan mengirim sinyal ke ECU agar posisi gear lebih rendah.
  •     D-3 / OD
    Banyak yang masih bingung cara mengemudi mobil matic pada posisi D-3 ini. Padahal fungsinya cukup sederhana yakni membatasi percepatan mobil pada gear 3rd. Pada moda D-3 ini akan sangat membantu ketika akan berakselerasi tanpa harus menekan pedal gas lebih dalam.
  •     D-2 (intermediate)
    Funsinya hampir sama dengan D-3 yakni membatasi percepatan transmisi pada gear 2st. Dengan memilih posisi 2st ini juga akan membantu pada saat melaju di turunan karena terjadi engine breaking.
  •     L (low)
    Posisi L ini sangat membantu ketika anda sedang melintasi jalanan yang menanjak. Fungsinya adalah membatasi percepatan transmisi pada gear 1st saja.


Baca juga:

Harga Dan Spesifikasi Honda Scoopy eSP Terbaru
Harga dan Spesifikasi New Kawasaki Ninja 150R Terbaru
3 Langkah Ini Bisa Buat Bodi Mobil Tetap Mengkilap
 
Mengemudi mobil matic dengan memahami kode di atas maka akan mempermudah sobat dalam pembelajaran. Sekian dari saya dan terima kasih telah berkunjung di autogaya.com .

Tag: Berita Otomotif meliputi Review, Spesifikasi, harga, kelebihan, kekurangan Mobil dan Motor

Back To Top