Kabar baik yang sudah lama beredar memang tidak bisa ditutup-tutupi, bahwasanya mobil terbaru dari Toyota yakni All New Toyota Fortuner akan dipromosikan untuk pasar Indonesia minggu depan. Akan tetapi baru-baru ini telah beredar kabar bahwa Toyota terbaru tersebut telah mengalami perubahan yang terjadi pada mobil SUV terbaru yakni jenis mesin bensin yang berupa new TR. Lalu apakah perbedaan mesin baru new TR dengan mesin yang lama?
Direktur Teknikal dan Manajemen Perencanaan Proyek Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Yui Hastoro menjelaskan. Mesin terbaru New TR lebih unggul daripada mesin yang lama, adapun keunggulannya terletak pada sistem kompresi dan beberapa komponen pelumas yang berguna meminimalisir pergesekan antar komponen.
“Yang membedakan antara mesin New TR sengan mesin yang sebelumnya, pertama adalah sistem kompresinya. Kompresinya kita perbaiki agar lebih efisien. Kedua kita adopt dengan teknologi low friction, jadi semua konsep, semua komponen itu ataupun lubricant itu low friction,” tutur Yui, Jumat 15 Januari 2016.
“Bukan itu saja, bahkan sampai ke oli mesinnya sendiri kita kembangkan dengan bantuan Traffic Management Center (TMC) dan pertamina untuk pelumas mesin yang meminimalisir gesekan. Dengan adanya sistem low friction lubricant itu dengan kompresi yang lebih efisien, penggunaan bahan bakar lebih bagus,” tambahnya.
Demi mewujudkan teknologi low friction yang dapat meminimalisir gesekan, pihak Toyota bekerja sama dengan Toyota Motor Company (TMC) di Jepang dan Pertamina Indonesia. Hal ini dilakukan untuk masyarakat yang sangat berminat dengan New Fortuner 2016. Padahal sebelumnya dikabarkan bahwa All New Toyota Fortuner masih menggunakan mesin 2 TR berkapasitas 2.700 cc. Akan tetapi kapasitas mesin masih sama 2.700 cc serta kesamaan juga terletak pada silinder blok Fortuner.
Adapun kelebihan mesin Fortuner 2016 New TR yaitu sistem kompress mobil tersebut sehingga menjadikan Toyota terbaru ini lebih irit 10%.
Simak juga:
Direktur Teknikal dan Manajemen Perencanaan Proyek Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Yui Hastoro menjelaskan. Mesin terbaru New TR lebih unggul daripada mesin yang lama, adapun keunggulannya terletak pada sistem kompresi dan beberapa komponen pelumas yang berguna meminimalisir pergesekan antar komponen.
“Yang membedakan antara mesin New TR sengan mesin yang sebelumnya, pertama adalah sistem kompresinya. Kompresinya kita perbaiki agar lebih efisien. Kedua kita adopt dengan teknologi low friction, jadi semua konsep, semua komponen itu ataupun lubricant itu low friction,” tutur Yui, Jumat 15 Januari 2016.
“Bukan itu saja, bahkan sampai ke oli mesinnya sendiri kita kembangkan dengan bantuan Traffic Management Center (TMC) dan pertamina untuk pelumas mesin yang meminimalisir gesekan. Dengan adanya sistem low friction lubricant itu dengan kompresi yang lebih efisien, penggunaan bahan bakar lebih bagus,” tambahnya.
Demi mewujudkan teknologi low friction yang dapat meminimalisir gesekan, pihak Toyota bekerja sama dengan Toyota Motor Company (TMC) di Jepang dan Pertamina Indonesia. Hal ini dilakukan untuk masyarakat yang sangat berminat dengan New Fortuner 2016. Padahal sebelumnya dikabarkan bahwa All New Toyota Fortuner masih menggunakan mesin 2 TR berkapasitas 2.700 cc. Akan tetapi kapasitas mesin masih sama 2.700 cc serta kesamaan juga terletak pada silinder blok Fortuner.
Adapun kelebihan mesin Fortuner 2016 New TR yaitu sistem kompress mobil tersebut sehingga menjadikan Toyota terbaru ini lebih irit 10%.
Simak juga:
Tag: Berita Otomotif meliputi Review, Spesifikasi, harga, kelebihan, kekurangan Mobil dan Motor