AUTOGAYA

Informasi Tentang Berita Terbaru, Spesifikasi, Modifikasi, Tips trik, Kelebihan kekurangan, Harga Baru Bekas Mobil dan motor

Penyebab Aki Mobil tidak tahan lama dan cara mengatasinya

Penyebab Aki tidak tahan lama dan cara mengatasinya. Aki merupakan komponen yang sangat penting, sehingga para pemilik mobil harus selalu memperhatikan kondisi komponen yang satu ini. Perawatan aki sangatlah penting jangan sampai usia aki tidak tahan lama karena kecerobohan anda.

Sebenarnya apa saja masalah yang sering mengganggu komponen aki terebut sehingga usia aki mobil tidak tahan lama? Terus bagaimana solusinya biar tahan lama?
Tenang saja berikut ini adalah beberapa informasi tentang masalah aki mobil tidak tahan lama dan cara mengatasinya.


Penyebab Aki Mobil tidak tahan lama dan cara mengatasinya


Penyebab Aki tidak tahan lama dan cara mengatasinya


Badan aki dibiarkan kotor berdebu

Memang ini hal sepele dan tidak mengganggu kondisi aki, akan tetapi mengganggu si pengguna saat ingin melihat air aki apakah masih standar atau di bawah standard.

Pengisian tak cukup

Perlu diperhatikan dalam pengisian aki, anda perlu memilih tempat yang tepat biar bisa terisi penuh. Apabila aki mobil tidak terisi penuh maka berakibat arus listrik tidak memadai sehingga mengakibatkan kabel terminal aki kendor dan kotor.

Air aki mendidih ketika kendaraan dipakai dalam jangka waktu lama

Kondisi seperti ini biasanya terjadi apabila voltage regulator, atau lebih tenar dengan sebutan IC Regulator dalam alternator sudah rusak. Sehingga tetap memasok arus listrik ke aki walau di aki sudah penuh. Efek ini kadang dibarengi badan aki menggelembung.

Mesin tak mau start setelah didiamkan selama paling tidak 2 hari

Ini adalah merupakan kecerobohan dari pemiliknya, bisa saja karena pemiliknya terlalu malas untuk melihat ketinggian air aki tersebut atau juga bisa terjadi karena berat jenis air aki sudah berkurang akibat self discharge.

Sulit start di pagi hari

Kondisi ini terjadi biasanya apabila pemilik mobil ini memasang beberapa aksesori yang menggunakan tenaga listrik seperti head unit, power amplifier, speaker seabrek-abrek, sampai meningkatkan daya lampu jauh di atas normal tanpa meningkatkan kapasitas altenator dan aki.

Badan aki memiliki suhu sangat panas

Coba tengok sekitar ruang mesin. Apakah mesin mobil sudah di modifikasi ekstrem? Modifikasi ekstrem dan dipakai harian akan meningkatkan suhu ruang mesin.

Tiba-tiba tidak bisa start

Kejadian paling menyebalkan. Coba cek kepala aki. Biasanya hanya kendor atau kotor. Longgarkan baut ikatannya, lalu kencangkan kembali sampai kepala kabel tak bisa bergerak lagi.

Tidak bisa start

Ingat-ingat kapan terakhir beli aki. Biasanya kalau lewat dari 1,5 tahun, memang sudah waktunya ganti. Paling enak, ketika beli aki baru, tulis tanggal pembelian di badan aki pakai spidol yang tak bisa dihapus.

Cairan aki kurang baik.Begitu banyak air aki botol biru yang beredar

Mulai hypermarket, SPBU sampai bengkel kecil biasanya ada. Biar aman, beli di SPBU, bengkel besar atau toko yang menjual aki.

Jangan menguras cairan elektrolit atau accu zuur jika aki sudah mulai lemah. Cukup setrum ulang saja, aki greng lagi.

Cara Mengamankan Toyota Avanza Agar Tak Digondol Maling

Tips Cara Mengatasi Benjolan pada ban motor dan mobil


Demikianlah informasi tentang penyebab aki tidak tahan lama dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat dan berguna bagi anda semua terima kasih.

Tag: Berita Otomotif meliputi Review, Spesifikasi, harga, kelebihan, kekurangan Mobil dan Motor

Back To Top