AUTOGAYA

Informasi Tentang Berita Terbaru, Spesifikasi, Modifikasi, Tips trik, Kelebihan kekurangan, Harga Baru Bekas Mobil dan motor

Memakai Sabuk Pengaman perhatikan 6 Hal ini

Sealt belt atau sabuk pengaman merupakan salah satu komponen pada Mobil yang sangat penting ketika berkendara. Sealt belt berfungsi untuk menjaga pemakainya agar tidak terlempar saat berada di tikungan atau mengerem mendadak serta hal yang tidak diinginkan. Jadi penggunaan sabun pengaman merupakan keharusan dalam memenuhi syarat untuk keselamatan berkendara. Adapun cara menggunakan sealt bealt sebenarnya sangat mudah, akan tetapi banyak yang belum tau tentang cara penggunaannya yang benar.

Yang dikhawatirkan adalah dalam pemakaian sabuk pengaman, apabila cara memakainya salah maka bisa berpotensi melukai penumpang dan beresiko terjadi cidera apabila kecelakaan. Oleh sebab itu perhatikan hal berikut ini:

Memakai Sabuk Pengaman



Hal yang harus diperhatikan saat  memakai sabuk pengaman


Letak Seat Belt di Pundak


Pada saat memakai sabuk pengaman, pastikan berada di pundak bukan di leher. Apabila sealtbelt menyentuh leher maka bisa berakibat leher tersayat saat terjadi tabrakan yang kuat.

Setel Ketinggian via Adjuster 


Pada mobil yang dudukan sabuk pengaman di pilar B bisa disetel, menjadi keuntungan bagi yang berpostur pendek. Posisikan Head Adjuster sampai sejajar dengan telinga.

Jangan Gunakan Aksesoris Sabuk Pengaman Apapun


Semakin maju semakin berkembang aksesori terbaru yang menarik perhatian. Akan tetapi jangan sampai menembahkan aksesori untuk sabuk pengaman hanya untuk mempercantik tampilan saja. Sebenarnya fungsi aksesoris yang biasanya terbuat dari bahan empuk itu untuk untuk melindungi area leher.

Pastikan Sabuk Tidak Menggulung


Ketika telah memakai sabuk pengaman sebaiknya perhatikan dari ujung keujung sealt blt. Jangan sampai ada bagian yang menggulung. Apabila hal tersebut terjadi maka kinerja sabuk pengaman akan kurang optimal.

Sabuk Pengaman Pada Anak Kecil


Sebaiknya jika membawa balita gunakanlah bangku khusus, dan pasang dengan baik dan benar. Setelah itu pasangkan sabuk pengaman pada mekanisme yang sudah disediakan produk bangku khusus balita itu. Nah untuk anak diatas enam tahun di mana sabuk pengaman masih menyentuh area leher maka orang tua bisa memanfaatkan bantal untuk sandaran. Hal ini supaya posisi badan si anak lebih aman dilindungi oleh seat belt.

Sabuk Pengaman Pada Anak Kecil

Jangan Setel Bangku Terlalu Maju


Pada bagian penumpang depan jangan sampai menyetel bangku atau jok Mobil terlalu maju dan dekat dengan dasbor. Hal tersebut dapat memperparah resiko kecelakaan dan membuat seltbelt mengikat tubuh terlalu kuat.

Pastikan Sabuk Pengaman Berfungsi Baik


Kemampuan seltbelt dalam melakukan tugasnya bergantung dengan perawatan yang dilakukan, oleh sebab itu rawatlah secara berkala. Pastikan bahwa seltbelt dalam keadaan bagus tidak ada yang sobek ataupun rusak. Pada saat ingin menggunakan sabuk pengaman, cobalah hentakkan dengan kuat. Jika saat dihentak lantas sabuk seperti berhenti tertahan dengan kuat maka sabuk seatbelt dalam kondisi prima. Sebaliknya, jika saat dihentak, sabuk malah tetap menjulur artinya anda perlu memeriksanya ke bengkel.

Baca juga: Hal Positif Pada Jalanan yang Macet: Ban Menjadi Awet dan Cara Mengatasi suara Berisik dalam Kabin Mobil

Demikianlah sedikit info tentang Memakai Sabuk Pengaman , semoga bermanfaat dan silahkan share apabila artikel ini bermanfaat serta Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website Saya.

Tag: Berita Otomotif meliputi Review, Spesifikasi, harga, kelebihan, kekurangan Mobil dan Motor

Back To Top