AUTOGAYA

Informasi Tentang Berita Terbaru, Spesifikasi, Modifikasi, Tips trik, Kelebihan kekurangan, Harga Baru Bekas Mobil dan motor

Tips Merawat Aki Mobil supaya Tidak Tekor

Cara Merawat Aki AgarTidak Tekor - Aki merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting dalam sistem kelistrikan, alasannya adalah karena Aki berfungsi usebagai sumber tenaga saat mobil dinyalakam. Tidak hanya itu, semua komponen yang memakai sistem kelistrikan menaruh harapan pada Aki seperti audio, dan komponen lain yang menggunakan sistem kelistrikan. Di dalam mobil juga terdapat komponen yang memiliki fungsi sama dengan Aki yakni Alternator. Komponen tersebut bekerja sama dengan Aki untuk memberikan suplai daya  listrik kepada seluruh komponen yang ada pada Mobil saat mesin dinyalakan.

Tips Merawat Aki Mobil supaya Tidak Tekor

Cara Merawat Aki Mobil agar Tidak Tekor


Perlu diingat bahwa harga Aki Mobil itu lumayan cukup mahal dibandingkan dengan komponen-komponen lainnya. Jadi apabila ditawari dengan harga yang murah sebaiknya berfikir dulu, karena bisa saja Aki tersebut imitasi yang memiliki jangka penggunaan rendah, biasanya sekitar 3 bulan. Aki terbagi menjadi 2 jenis yakni aki basah dan aki kering. Nah berikut ini autogaya akan memberikan sedikit tips merawat aki agar tidak tekor:

1. Pada saat mobil dalam keadaan mati, jangan lupa untuk nonaktifkan semua perangkat atau komponen elektrik yang berhubungan dengan kelistrikan, seperti audio, lampu kabin, dll. Hindari meninggalkan mobil dengan keadaan kunci kontaknya setengah putaran (posisi Acc), karena bisa membuat aki mobil tekor.

2. Periksalah level cairan aki, jangan sampai berada di bawah garis lower ataupun melewati garis higher. Jika memang cairannya perlu dilakukan penambahan, maka usahakan cairan tersebut tidak tumpah ataupun mengenai komponen yang ada di dalam kap mobil. Karena cairan ini bersifat korosif dan membuat mobil Anda cepat berkarat. Jika ingin lebih hati-hati, Anda dapat membukanya sambil memeriksa kondisi fisik aki untuk dapat mengetahui ada atau tidaknya kebocoran maupun bagian bengkak.

3. Jika terdapat kerak di kepala aki, maka bersihkanlah. Setelah dipastikan telah bersih, lalu pasang kembali aki pada mobil Anda. Jangan sampai lupa, saat memaasangkan aki pastikan baut pengait aki benar-benar terikat kuat. Karena jika aki longgar, akan menimbulkan korslet dan percikan api saat mobil digunakan tanpa Anda sadari sebelumnya.

4. Pastikan memasang aki dengan cara yang benar, pertama-tama sambungkan bagian kutub positif, kencangkan lalu pasangkan bagian kutup negatifnya. Sedangkan saat akan melepas aki, lakukan dengan cara sebaliknya.

5. Jika mobil Anda jarang digunakan hingga berbulan-bulan, copot penghubung aki agar daya aki tidak terserap oleh sistem pengaman (alarm). Jika mobil akan dinyalakan kembali, usahakan memanaskan mesin terlebih dahulu hingga 15 menit agar daya listrik tersuplai ke seluruh komponen dengan baik.

Baca juga:
Faktor Penyebab Aki Cepat Tekor
Cara Melepas Aki Mobil Di Rumah Yang Benar
Ingin aki Motor anda awet maka stabilkan pengisian

Demikianlah sedikit info tentang Tips Merawat Aki Mobil supaya Tidak Tekor, semoga bermanfaat dan silahkan share apabila artikel ini bermanfaat serta Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website Saya.

Tag: Berita Otomotif meliputi Review, Spesifikasi, harga, kelebihan, kekurangan Mobil dan Motor

Back To Top