Toyota Soluna – Mobil ini merupakan jenis Sub Kompak yng produksinya dilakukan oleh Toyota Motor Thailand pada tahun 1994 hingga 2004. Akan tetapi masuk ke Indonesia pada tahun 1997 yang posisinya di bawah corolla all new. Kehadiran dari Mobil ini sangat dinantkan di Tanah air, alasannya adalah Mobil tersebut mempunyai harga jual yang murah serta terbukti mampu untuk bersaing dengan para rivalnya.
Dengan mengandalkan harga jual yang murah, masyarakat Indonesia memilih Mobil ini sebagai salah satu kandidat pilihan dari berbagai elemen masyarakat terutama layanan jasa armada Taksi yang berada di Ibukota. Untuk masalah ketangguhannya tidak diragukan lagi dan masih tetap tangguh sampai saat ini.
Desain bodi yang digunakan merupakan sebuah rekayasa ulang dari Toyota Tercel generasi 5 yang menjadikan Soluna hampir mirip dengan asalnya yang sebagai Sedan murah di daratan Eropa. Tetapi Toyota soluna didesain dengan karakter Asia supaya dapat bersaing di pasaran ASEAN. Mobil tersebut hadir dengan 2 versi yakni facelift dan prefacelift.
Pada bagian fascia yakni pada prefacelift, Mobil besutan Toyota tersebut menggunakan headlamp kaca yang buram dengan penggunaan lampu sein warna oranye, sedangkan pada bagian grill standart dilakukan pengecatan yang menyerupai warna bodi seutuhnya.
Berlanjut untuk versi facelift, untuk versi ini sangat minim perubahan, untuk perubahannya hanya dilakukan sebatas pada bagian lampu yang sudah menggunakan lampu Kristal bening dan penggunaan grill chrome. Bahkan pada versi ini masih belum disematkan foglamp yang sangat berguna saat cuaca berkabut da tidak bersahabat.
Sedangkan pada bagian belakang terdapat pebedaan diantara keduanya. Untuk versi facelift menggunakan stoplamp dengan bahan plastik buram yang memiliki bentuk trapezium berpadu dengan lampu rem, lampu sein dan lampu mundur di dalam satu frame. Nah ditengah bagasi terdapat emblem Toyota.
Sedangkan pada versi pre facelift menggunakan desain yang sama, adapun letak perbedaannya pada posisi lampu yang telah berpindah ke bagian area tutup bagasi. Hal tersebut menjadikan lubang kunci bagasi menjadi bergeser ke kiri. Sedangkan logonya berada di tengah tepat di atas bagasi.
Toyota Soluna menggunakan mesin 5A-FE injeksi yang berkapasitas 1.500cc / 1.5 liter. Dengan menggunakan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 93 HP/ 5.600 dan torsi yang dihasilkan mencapai 124 Nm/ 4.800 RPM yang disalurkan ke roda depan.
Dengan mengandalkan harga jual yang murah, masyarakat Indonesia memilih Mobil ini sebagai salah satu kandidat pilihan dari berbagai elemen masyarakat terutama layanan jasa armada Taksi yang berada di Ibukota. Untuk masalah ketangguhannya tidak diragukan lagi dan masih tetap tangguh sampai saat ini.
Eksterior Toyota Soluna
Desain bodi yang digunakan merupakan sebuah rekayasa ulang dari Toyota Tercel generasi 5 yang menjadikan Soluna hampir mirip dengan asalnya yang sebagai Sedan murah di daratan Eropa. Tetapi Toyota soluna didesain dengan karakter Asia supaya dapat bersaing di pasaran ASEAN. Mobil tersebut hadir dengan 2 versi yakni facelift dan prefacelift.
Pada bagian fascia yakni pada prefacelift, Mobil besutan Toyota tersebut menggunakan headlamp kaca yang buram dengan penggunaan lampu sein warna oranye, sedangkan pada bagian grill standart dilakukan pengecatan yang menyerupai warna bodi seutuhnya.
Berlanjut untuk versi facelift, untuk versi ini sangat minim perubahan, untuk perubahannya hanya dilakukan sebatas pada bagian lampu yang sudah menggunakan lampu Kristal bening dan penggunaan grill chrome. Bahkan pada versi ini masih belum disematkan foglamp yang sangat berguna saat cuaca berkabut da tidak bersahabat.
Sedangkan pada versi pre facelift menggunakan desain yang sama, adapun letak perbedaannya pada posisi lampu yang telah berpindah ke bagian area tutup bagasi. Hal tersebut menjadikan lubang kunci bagasi menjadi bergeser ke kiri. Sedangkan logonya berada di tengah tepat di atas bagasi.
Kinerja dan Performa Mesin Toyota Soluna
Toyota Soluna menggunakan mesin 5A-FE injeksi yang berkapasitas 1.500cc / 1.5 liter. Dengan menggunakan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 93 HP/ 5.600 dan torsi yang dihasilkan mencapai 124 Nm/ 4.800 RPM yang disalurkan ke roda depan.
Review Toyota Soluna
|
|
Spesifikasi Toyota Soluna
|
Mesin
: 1.5 liter 5A-FE 4 silinder segaris 16 katup DOHC.
Tenaga
: 93 HP @5.600 RPM.
Torsi
: 124 Nm @4.800 RPM.
Bore
x stroke : 78,7 mm x 77 mm.
Rasio
kompresi : 9.5:1.
Konsumsi
BBM : 10-13 km/L (dalam kota) dan 15-18 km/L (luar kota) *perkiraan
Transmisi
: Manual 5-speed dan matic 4-speed (tipe GLi), tipe XLi hanya manual.
Suspensi
: Depan McPherson strut independen, belakang independent dengan per keong.
Rival
: Hyundai Accent, Kia Sephia / Timor S515 Honda City EXi (prefacelift) ;
Suzuki Baleno 1.5 dan Honda City Type-Z.
Tahun
penjualan : 1997 - 1999 (prefacelift) 2000 - 2002 (facelift).
|
Kelebihan Toyota Soluna
|
Sangat
irit.
Akselerasi
bagus, karena body ringan.
Suspensi
empuk.
Sparepart
murah.
Perawatan
mudah.
Mesin
bandel dan tangguh.
|
Kekurangan Toyota Soluna
|
Image
taksi.
Kaki-kaki
ringkih.
Harga
jual kembali.
Body
terlalu enteng.
Kurang
stabil pada kecepatan tinggi dan mudah limbung.
Kualitas
bahan di bawah standar.
Ruang
fender terlalu sempit.
Rem
kurang pakem.
|
Simak juga:
- Harga Spesifikasi Kijang Kapsul serta Kelebihan dan Kekurangan
- Harga dan Spesifikasi Lengkap Toyota Agya terbaru
- Kelebihan dan Kekurangan All New Kijang Innova 2016
Harga Toyota Soluna
Imagenya yang sangat lekat dengan Taksi mau tak mau
membuat harga Soluna di pasar lokal menjadi anjlok, kebanyakan orang menjualnya
dengan harga diantara Rp 35 juta-60 jutaan. Cukup terjangkau untuk sebuah sedan
mungil dan irit.
Demikianlah sedikit info tentang Kelebihan Kekurangan Toyota Soluna,
semoga bermanfaat dan silahkan share apabila artikel ini bermanfaat
serta Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website Saya.
Tag: Berita Otomotif meliputi Review, Spesifikasi, harga, kelebihan, kekurangan Mobil dan Motor