AUTOGAYA

Informasi Tentang Berita Terbaru, Spesifikasi, Modifikasi, Tips trik, Kelebihan kekurangan, Harga Baru Bekas Mobil dan motor

Kelebihan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen1

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen1 - Mobil ini merupakan MPV murah yang diperkenalkan pada 11 Desember 2003, hadirnya Xenia gen1 dibearengi dengan Toyota Avanza. Kedua Mobil ini memang dihadirkan atas kerjasama kedua Produsen ternama demi memenuhi kebutuhan Mobil keluarga untuk masyarakat Indonesia kelas menengah ke bawah. Dengan kerjasama yang dilakukan akhirnya kedua belah pihak banyak meraih keuntungan, ditambah lagi keduaMPV tersebut pernah mencetak rekor penjualan dengan menyandang gelar Best seller dikala itu.

Kelebihan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen1


Memang pemasarannya dilakukan secara bersama-sama, akan tetapi masalah spesifikasi, Daihatsu Xenia lebih rendah dari Toyota Avanza. Perbedaannya sangat terlihat baik dari segi eksterior, interior ataupun sektor fitur. Sedangkan untuk perbedaan yang paling kecil hanya pada bagian mesin saja. Daihatsu Xenia hadir di Indonesia dengan beberapa tipe yaitu Xenia Xi, Mi dan li. Untuk perbedaannya silahkan lihat di Perbedaan Xenia Xi, Mi dan li.

Eksterior Daihatsu Xenia Gen1

Pada bagian grill menggunakan 3 baris dan bumper depan terlihat polos serta minim lekukan. Sementara untuk bagian belakang Daihatsu Xenia memiliki stoplamp yang masih menggunakan model kristal yang memiliki garis buram. Pada bagian lampu mundur dan lampu sein berada dalam tempat dan kotak yang sama, sedangkan untuk lampu rem berada terpisah yang letaknya di bagian bawah.

Interior Daihatsu Xenia Gen1


Pada sektor ruang kabin disuguhi dengan interior kualitas rendah. Bahan yang digunakan pun menggunakan material plastik keras. Pemangkasan yang dilakukan kepada beberapa fitur lumaya banyak terutama pada trim menengah dan bawah. Hal tersebut dilakukan supaya bisa menekan harga produksi dari Xenia agar mampu bersaing di pasaran dengan harga terjangkau. Kelemahan Daihatsu Xenia memang bisa dibilang banyak di bagian interior, seperti posisi stir yang belum adjustable. Yang dimana mengendarai Mobil ini sama halnya mengemudikan angkot  dengan label MPV khusus bagian stirnya. Untuk kekurangan pasti juga ada kelebihan, yang dimana pada bagian ergonomi kabin tergolong cukup baik karena pada kursi baris ketiga dapat dilipat kedepan. Sehingga bisa untuk membawa banyak barang saat kursi ketiga tidak ada penumpang.

Kinerja dan Performa Mesin Daihatsu Xenia Gen1

Daihatsu Xenia Gen1 mempunyai 2 pilihan mesin yang menggunakan bahan bakar bensin. 2 pilihan mesin tersebut adalah 1.0 liter dan 1.3 liter.

Daihatsu Xenia 1.0 liter / 1000 cc
Mesin ini berkonfigurasi dengan 3 silinder 12 katup DOHC dengan kode EJ-DE. Dengan menggunakan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 56Hp/ 5200 Rpm dan torsi yang dihasilkan mencapai 90 Nm/ 3600 rpm. Sebagai tehnik untuk menutupi kekuranga Xenia, pihak Daihatsu menambah teknologi VVT-i pada versi facelift sehinggan kode mesin pun berubah menjadi EJ-VE. Dengan mesin baru ini dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 62 Hp/ 5600 Rpm dan pada torsinya masih tetap sama.

Daihatsu Xenia 1.3 liter / 1300 cc

Mesin ini berkonfigurasi dengan 4 silinder 16 katup DOHC dengan kode mesin K3-DE. Dengan menggunakan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 85 Hp/ 6000 Rpm dan torsi yang dihasilkan mencapai 116 Nm/ 3200 Rpm. Pada versi facelift juga disematkan teknologi VVT-i yang mengakibatkan kode mesin berubah menjadi K3-VE. Dengan penambahan tersebut maka tenaga maksimal meningkat menjadi 92Hp/ 6000 Rpm dan torsinyapun juga meningkat menjadi 120 Nm/ 4400 Rpm.


Review Daihatsu Xenia Gen1
Spesifikasi Daihatsu Xenia Gen1
Mesin : EJ-VE 1.0 liter dan K3-VE 1.3 liter.
Tenaga :  62 HP @5.600 RPM(1.0) ; 92 HP @6.000 RPM (1,3).
Torsi :  90 Nm @3.600 RPM (1.0) ; 120 Nm @4.400 RPM (1,3).
Konsumsi BBM : 8-10km / L (dalam kota), 10-13km / L (luar kota).
Transmisi : manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan (1.3 only).
Suspensi : Depan McPherson strut dengan coil spring, belakang 4-link dengan coil spring.
Rival : Toyota Avanza, Mitsubishi Kuda, Nissan Grand Livina, Suzuki APV, Suzuki Ertiga, dan Chevrolet Spin.
Penjualan: 2004 - 2010.
Kelebihan Daihatsu Xenia Gen1
Murah.
Irit.
Sparepart banyak.
Pajak murah.
Kekurangan Daihatsu Xenia Gen1
Sama sekali tidak nyaman dan tidak aman.
Image Daihatsu belum setenar Toyota.
Double Blower hanya ada pada varian atas.
Plat body terlalu tipis.
Harga jual kembali rendah.
Terlihat murahan.
Banyak fitur yang dipangkas dari Avanza.





Baca juga:

Harga Daihatsu Xenia Gen1 Bekas


Daihatsu Xenia Gen1 bekas  tahun 2004 harga bekasnya sekitar Rp. 60 jutaan. Sedangkan untuk tahun-tahun berikutnya seperti tahun 2005, 2006, 2007, 2008, 2009, 2010, 2011 baik itu tipe Li, Xi atau Mi ditawarkan dengan harga Rp 70 jutaan dan termahal di kisaran Rp 100 jutaan.

Demikianlah sedikit info tentang Kelebihan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen1, semoga bermanfaat dan silahkan share apabila artikel ini bermanfaat serta Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website Saya.

Tag: Berita Otomotif meliputi Review, Spesifikasi, harga, kelebihan, kekurangan Mobil dan Motor

Back To Top