AUTOGAYA

Informasi Tentang Berita Terbaru, Spesifikasi, Modifikasi, Tips trik, Kelebihan kekurangan, Harga Baru Bekas Mobil dan motor

Kekurangan dan Kelebihan Toyota Corolla Twincam 1.3, 1.6 dan GTi

Toyota Corolla Twincam 1.3, 1.6 dan GTi. Mobil ini di Indonesia merupakan generasi ke 6 dari keluarga corolla, dengan menggunakan kode sasis AE92. Mobil Twincam tersebut merupakan Mobil Sedan kompak yang dihadirkan pertama kali pada tahun 1988 dengan membawa beberapa model dan tipe. Sementara pada tipe Mobil Sedan diperkenalkan dengan 3 tipe yakni SE mesin 1300 cc karburator, SE Limited mesin 1600 cc karburator  dan GTi mesin 600 cc injeksi.


Kekurangan dan Kelebihan Toyota Corolla Twincam 1.3, 1.6 dan GTi

Performa Mesin Corolla Twincam 1.3, 1.6 dan GTi

Mobil jenis Sedan ini hadir dengan 3 jenis mesin. Untuk mesin kapasitas terkecil yakni 1,3 liter berkonfigurasi dengan 12 katup SOHC yang menggunakan kode 2E. Dengan menggunakan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 70Hp/ 6000 Rpm dan torsi yang dihasilkan mencapai 96 Nm/ 3600 Rpm.

Untuk mesin selanjutnya adalah 1,6 liter berkonfigurasi dengan 16 katup SOHC yang menggunakan kode 4AF. Dengan menggunakan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 90 Hp/ 6000 rpm dan torsi puncak yang dihasilkan mencapai 135 Nm/ 3600 Rpm. Mobil dengan tipe mesin ini yang banyak berada di Indonesia.

Setelah mempelajari pasar hingga 2 tahun, akhirnya Toyota membuat keputusan mengejutkan yaitu menghadirkan Corolla Twincam versi kencang bermesin 4A-GE yang telah teruji kemampuannya pada Toyota AE86. Mesin injeksi yang akrab disapa "redtop" ini mampu memproduksi tenaga maksimum  hingga 140 HP pada putaran 7.200 RPM dan torsi puncak sebesar 149 Nm pada 4.800 RPM. Banyak orang menyebutkan versi ini hadir di Indonesia sangat terbatas, sekitar 1000 unit. Tak ayal, banyak kolektor memburu mobil ini untuk dijadikan barang koleksi di garasinya.

Kekurangan dan Kelebihan Toyota Corolla Twincam 1.3, 1.6 dan GTi


ReviewToyota Corolla Twincam
Spesifikasi Corolla Twincam
Mesin : 1.3 karburator (2E), 1.6 liter karburator (4AF), 1,6 liter injeksi (4AGE)
Konfigurasi : 12 katup (2E), 16 katup (4AF dan 4AGE)
Tenaga : 70 HP @6.000 RPM (2E), 90 HP @6.000 RPM (4AF), 140 HP @7.200 RPM (4AGE).
Torsi : 96 Nm @3.600 RPM (2E), 135 Nm @3.600 RPM (4AF), 149 Nm @4.800 RPM (4AGE).
Bore x Stroke : 73 mm x 77.4 mm (2AE),  81 mm x 76 mm (4AF), 81 mm x 77 mm (4AGE).
Rasio kompresi : 9.5:1 (2AE), 9.5:1 (4AF), 10.3 : 1 (4AGE).
Transmisi : manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan (sangat langka)
Suspensi : Depan MacPerson Strut dan belakang Multilink.
Rival : Honda Grand Civic, Mazda Interplay, Daihatsu Charade Sedan dan Suzuki Esteem.
Tahun penjualan : 1988 - 1991 (SE dan SE Limited). 1990 - 1991 (GTi).
Kelebihan Corolla Twincam
Harga murah untuk semua tipe, kecuali GTi.
Semua model mudah dalam hal perawatan, kecuali GTi..
Harga sparepart murah dan melimpah, kecuali GTi.
Mesin bandel.
Interior modern jika dibandingkan lawannya dengan tahun yang sama.
Model eksterior bertahan lama.
Banyak pilihan modifikasi, JDM, AUDM, ataupun USDM.
Nyaman, karena suspensi empuk.
Sparepart bisa disubstitusi dengan model lainnya.
Kekurangan Corolla Twincam
Seal power steering rentan bocor, faktor usia.
Kaki-kaki lumayan ringkih.
Sama-sama boros untuk semua tipe.
Rem belakang masih tromol, kecuali GTi.
Lemah pada putaran atas, kecuali GTi.
Interior kalah lapang.
Velg masih mengadopsi model kaleng yang ditutup dengan dop velg.
Tipe GTi membutuhkan bahan bakar beroktan tinggi untuk mencegah kerusakan mesin.



Simak juga:

Harga Bekas Corolla Twincam 1.3, 1.6 dan GTi


Corolla Twincam tipe SE tahun 1988-1991 sekitar Rp 30-35 jutaan
Corolla Twincam SE Limited 1988-1991 sekitar Rp 36-45 juta
Corolla Twincam GTi sekitar Rp 50-56 juta

Demikianlah sedikit info tentang Kekurangan dan Kelebihan Toyota Corolla Twincam 1.3, 1.6 dan GTi, semoga bermanfaat dan silahkan share apabila artikel ini bermanfaat serta Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website Saya.

Tag: Berita Otomotif meliputi Review, Spesifikasi, harga, kelebihan, kekurangan Mobil dan Motor

Back To Top