Selamat datang di website kami, kali ini autogaya akan memberikan informasi tentang review spesifikasi kelebihan dan kekurangan Honda Civic FD1/ FD2, yang dimana Mobil tersebut merupakan Sedan kompak yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dan mancanegara.
Honda Civic FD1/FD2 memiliki kesan mencolok serta desain yang sporti, maka tidak dipungkiri lagi apabila kalangan remaja atau ekslusif muda memilih Mobil keluaran Honda tersebut sebagai kendaraannya. Yang lebih menarik di hati mahasiswa adalah perawatannya yang sangat minim serta bahan bakarnya yang lumayan irit sehingga tidak terlalu menguras dompet pemiliknya.
Perkenalan Honda Civic FD pertama kali di Indonesia pada tahun 2006 dengan menggunakan varian mesin 1.8 liter untuk FD1 dan 2.0 liter untuk FD2. Untuk yang pertama kali bahwasanya 2 platfrom yang berbeda dibuat(1 untuk Eropa model Hatchback dan 1 untuk seluruh dunia model coupe dan sedan), perbedaan antara keduanya terletak pada bagian suspensi belakang yang dimana untuk model Eropa menggunakan suspensi sederhana yang diambil dari Honda Jazz dan yang non Eropa mempunyai pilihan 2 pintu atau 4 pintu dengan penggunaan suspensi yang lebih baik.
Pada bagian eksterior Honda Civic FD menggunakan desain aerodinamis, hal tersebut terlihat dari garis dan lekukan pada bagian bodi luar. Semua Model dari Civic FD menggunakan bumper depan yang mampu untuk mengurangi sirkulasi udara dekat mesin. Alhasil pada bagian depan memiliki overhang yang pendek dan profil sampingnya terlihat lebih ramping. Yang lebih menarik pada bagian kaca depan dibuat melandai disertai wiper yang mengusap kaca dengan berlawanan arah.
Pada bagian kabin yang terdapat dalam Interior Honda Civic FD terlihat sangat menarik, dengan menggunakan teknologi tinggi serta gaya yang futuristik. Terdsapat banyak ruang penyimpanan dalam kabinnya serta instrumen pengukur yang didesain menggunakan 2 tingkat yakni satu untuk speedometer dan satu untuk tachometer. Pada bagian tacho meter menggunakan jarum konvensional sedangkan pada bagian speedometer menggunakan digital dan grafik batang bahan bakar dan termometer. Hal yang sangat mengagumkan adalah instrumen tersebut tidak dapat dijangkau oleh paparan sinar matahari sehingga tidak menyilaukan.
Sementara itu pada bagian roda kemudi Honda Civic FD sangat nyaman untuk digenggam dan feedback yang sangat baik sehingga mudah dalam pengendaliannya. Sebelum Mobil ini mendapat sentuhan facelift, Pihak Honda hanya menyediakan transmisi manual dan amtic secara konvensional. Akan tetapi pada tahun 2009 transmisi matic mendapatkan pembaruan dengan adanya penambahan pedal shift yang bisa menambah sensasi kenyamanan dalam mengemudi semakin menyenangkan. Sebagai tambahan, Civic FD2 memiliki berbagai fitur menarik yang tidak diterapkan pada Civic FD1, antara lain fitur VSA dan kursi kulit.
Pada bagian performa, Honda Civic menghadirkan 2 varian dan 2 pilihan mesin. Mesin yang pertama mempunyai kapasitas 1.8 liter dengan kode R18A, dengan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 192 NM/ 4200 rpm dan torsi yang dihasilkan mencapai 177Nm/ 4200 rpm.
Sedangkan pada mesin Civic FD lainnya menggunakan kapasitas 2.0 liter dengan kode K20Z, dengan menggunakan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 155 Hp/ 6000 rpm dan torsi yang dihasilkan mencapai 192 Nm/ 4200 rpm. Kedua mesin tersebut menggunakan teknologi i-VTEC serta penggunaan torsi high-end.
Simak juga:
Honda Civic FD1/FD2 memiliki kesan mencolok serta desain yang sporti, maka tidak dipungkiri lagi apabila kalangan remaja atau ekslusif muda memilih Mobil keluaran Honda tersebut sebagai kendaraannya. Yang lebih menarik di hati mahasiswa adalah perawatannya yang sangat minim serta bahan bakarnya yang lumayan irit sehingga tidak terlalu menguras dompet pemiliknya.
Mobil Honda Civic FD1 |
interior honda civic FD1 |
Pada bagian eksterior Honda Civic FD menggunakan desain aerodinamis, hal tersebut terlihat dari garis dan lekukan pada bagian bodi luar. Semua Model dari Civic FD menggunakan bumper depan yang mampu untuk mengurangi sirkulasi udara dekat mesin. Alhasil pada bagian depan memiliki overhang yang pendek dan profil sampingnya terlihat lebih ramping. Yang lebih menarik pada bagian kaca depan dibuat melandai disertai wiper yang mengusap kaca dengan berlawanan arah.
Pada bagian kabin yang terdapat dalam Interior Honda Civic FD terlihat sangat menarik, dengan menggunakan teknologi tinggi serta gaya yang futuristik. Terdsapat banyak ruang penyimpanan dalam kabinnya serta instrumen pengukur yang didesain menggunakan 2 tingkat yakni satu untuk speedometer dan satu untuk tachometer. Pada bagian tacho meter menggunakan jarum konvensional sedangkan pada bagian speedometer menggunakan digital dan grafik batang bahan bakar dan termometer. Hal yang sangat mengagumkan adalah instrumen tersebut tidak dapat dijangkau oleh paparan sinar matahari sehingga tidak menyilaukan.
Honda civic FD2 |
Sementara itu pada bagian roda kemudi Honda Civic FD sangat nyaman untuk digenggam dan feedback yang sangat baik sehingga mudah dalam pengendaliannya. Sebelum Mobil ini mendapat sentuhan facelift, Pihak Honda hanya menyediakan transmisi manual dan amtic secara konvensional. Akan tetapi pada tahun 2009 transmisi matic mendapatkan pembaruan dengan adanya penambahan pedal shift yang bisa menambah sensasi kenyamanan dalam mengemudi semakin menyenangkan. Sebagai tambahan, Civic FD2 memiliki berbagai fitur menarik yang tidak diterapkan pada Civic FD1, antara lain fitur VSA dan kursi kulit.
Pada bagian performa, Honda Civic menghadirkan 2 varian dan 2 pilihan mesin. Mesin yang pertama mempunyai kapasitas 1.8 liter dengan kode R18A, dengan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 192 NM/ 4200 rpm dan torsi yang dihasilkan mencapai 177Nm/ 4200 rpm.
interior honda civic FD2 |
Sedangkan pada mesin Civic FD lainnya menggunakan kapasitas 2.0 liter dengan kode K20Z, dengan menggunakan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 155 Hp/ 6000 rpm dan torsi yang dihasilkan mencapai 192 Nm/ 4200 rpm. Kedua mesin tersebut menggunakan teknologi i-VTEC serta penggunaan torsi high-end.
Review Honda
Civic FD1/FD2
|
|
Spesifikasi
|
Mesin : 1.8 liter R18A1 (FD1) dan 2.0 K20Z2 (FD2).
Konfigurasi : sama-sama 4 silinder segaris 16 katup SOHC.
Tenaga : 140 HP @6.300 RPM (FD1), 155hp @6.000 RPM (FD2).
Torsi : 177 Nm @4.200 RPM (FD1), 192 Nm @4.200 RPM (FD2).
Konsumsi BBM : 7-10km / L (dalam kota), 10-13km / L (luar kota).
Transmisi: 5-speed manual, 5-speed otomatis.
Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang independent
double wishbone.
Rival : Toyota Corolla Altis, Mitsubishi Lancer EX, Chevrolet Cruze,
Subaru Impreza, Hyundai Elantra, Mazda 3.
Penjualan : 2006-2011.
|
Kelebihan
|
Teknologi i-VTEC.
Kabin luas.
Speedometer dan konsol tengah futuristik.
Tenaga responsif.
Konsumsi BBM cukup efisien.
Handling mantap.
Interior modern.
Nyaman.
|
Kekurangan
|
Kursi depan agak keras.
Bising pada kecepatan tinggi.
Minim fitur (FD1).
Bantingan lumayan keras, efek dari handling.
Posisi kursi terlalu rendah.
|
Simak juga:
- Inilah Fitur Harga dan Spesifikasi Honda Civic
- Wajah Baru All New Honda Civic 2 Pintu dan Spesifikasi
- Harga All New Honda Civic 2016 Mengalami Kenaikan
- Honda Civic Terbaru Hemat BBM Generasi Ke 10 segera di keluarkan
Harga Honda Civic FD1 / FD2
Honda Civic FD1 manual 2006 dibandrol denga harga Rp. 170 jutaan
Honda Civic FD2 manual 2006 dibandrol dengan harga Rp. 180-190 jutaan
Demikianlah sedikit info tentang Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Civic FD1/FD2,
semoga bermanfaat dan silahkan share apabila artikel ini bermanfaat
serta Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website Saya.Honda Civic FD2 manual 2006 dibandrol dengan harga Rp. 180-190 jutaan
Tag: Berita Otomotif meliputi Review, Spesifikasi, harga, kelebihan, kekurangan Mobil dan Motor