AUTOGAYA

Informasi Tentang Berita Terbaru, Spesifikasi, Modifikasi, Tips trik, Kelebihan kekurangan, Harga Baru Bekas Mobil dan motor

Cara Mengatasi Busi Motor Mati Di Tengah Jalan

Busi merupakan salah satu komponen mesin yang sangat penting untuk pengapian, karena busi merupakan alat pemercik api yang berada pada buring. Komponen ini  bila telah lama melalui masa kerjanya maka aklan aus juga dan pastinya akan mati karena masa pakai busi juga ada batasannya. Lalu bagaimana jika tiba-tiba busi mati di tengah jalan? sedangkan Anda sendiri saat dalam perjalanan yang memalui tempat dimana tidak ada bengkel.

Kondisi di atas tentunya akan menjadikan motor mogok dan Saya rasa Anda kan merasa kesal serta bingung mau gimana. Yang menjadi permasalahan adalah apabila saat mogok jauh dari bengkel dan rumah untuk meminta bantuan.

Apabila Anda mengalami hal seperti itu, maka jangan panik atau sampai membanting motor Anda karena itu tidak mungkin..wkwk. Busi masih diakali dengan 2 cara yang bisa Anda coba?

Simak juga:

Cara pertama adalah yang saya alami dan untuk cara kedua bersumber dari liputan 6.

Sebelum membahas tentang caranya tentunya alat yang harus ada adalah kunci busi dan ini biasanya sudah disediakan oleh pabrikan motor yang diletakkan dalam jok Motor Anda, jadi ingat dalam setiap perjalanan jangan lupa membawa kunci busi, obeng - dan + dan kunci 10 - 12 ring. Kunci diatas merupakan standard bawaan pabrik, kalau hilang usahakan membelinya dan taruh dalam kendaraan Anda.

Cara pertama mengatasi motor mogok karena busi mati

Cara Mengatasi Busi Motor Mati Di Tengah Jalan
 

Untuk cara ini memang Saya mengalaminya sendiri, saat dalam perjalanan tiba-tiba motor mogok yang diawali brebet sebentar. Saya kira bensin habis setelah saya cek ternyata masih ada tersisa, dengan bermodalkan segelintir pengetahuan tentang otomotif motor saya cek satu per satu, pertama saya cek dengan menekan choke terus saya selah ternyata tidak bisa lalu saya buka jok ambil kunci busi dan obeng yang selalu menemanimotor saya kemanapun Saya pergi. Saya copot busi motor saya dan cek dengan teliti jarak dan keadaan dari busi tersebut. Saya yakin apabila Anda melakukan hal ini pasti busi dalam keadaan 2 kemungkinan basah dan terlalu kering. Untuk mengatasinya adalah dengan memberi bensin sedikit yang diambil dari bahan bakar motor setelah itu kalau ada bersihkan pake amplas atau kain bersih pada bagian depan busi yang gosong tersebut, pastikan yang benar-benar bersih.

Setelah itu pasang kembali busi Anda dan cobalah melakukan selah pada perseneling beberapa kali. InsyaAllah berhasil. Dan saya sudah mempraktekannya hingga bisa bertahan 1 bulan lebih baru saya ganti.

Cara kedua Mengatasi busi mati pada motor

Cara Mengatasi Busi Motor Mati Di Tengah Jalan

"Kalau busi mati dan keadaan bengkel atau rumah jauh, cara daruratnya yaitu pecahkan keramik yang ada di bagian dalam busi sampai menyisakan besi elektrodanya. Setelah itu, busi dipasang kembali," kata Fikri, mekanik Aris Motor pada Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Pria yang karib disapa Bento ini menjelaskan bila cara memecahkan bagian keramiknya tidak sulit. Cukup dicongkel dan dikorek pakai obeng min yang ujungnya dapat masuk ke celah antara drat dan keramik bagian dalam.

Ini terjadi karena ujung elektroda yang telah melemah. Lapisan keramik itu, lanjut Bento, berfungsi sebagai sekering pelindung. Dengan dicongkel, loncatan api terbantu elektroda pada batang besi yang terbuka.

"Cara ini hanya sanggup membuat motor dikendarai sampai rumah atau bengkel terdekat. Sebab, begitu kunci kontaknya mati maka businya ikut mati total," tuturnya.

Demikianlah info tentang cara darurat mengatasi busi motor yang mati, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Tag: Berita Otomotif meliputi Review, Spesifikasi, harga, kelebihan, kekurangan Mobil dan Motor

Back To Top